Sabtu, 15 Juni 2013

“MANFAAT AIR PUTIH BAGI TUBUH”



MANFAAT AIR PUTIH BAGI TUBUH

Air putih adalah air alami atau air murni yang sudah disediakan sang pencipta dibumi ini sebagai kelangsungan kehidupan mahluk hidup. Air merupakan bagian yang sangat penting bagi tubuh karena air mempunyai presentase yang paling banyak dibandingkan darah. Biasanya air yang dikonsumsi masyarakat adalah air tanah, air pegunungan, dan air rawa yang biasa digunakan perusahaan air minum.  Tapi kebanyakan masyarakat lebih menyukai air konsumsi yang sudah diolah atau air yang berasa berbeda dengan air putih yang tawar atau tidak berasa. Kadang tidak sedikit juga yang malas untuk meminum air putih, dan malah memilih minum minuman yang berasa seperti sirup, dan minuman lainnya. Padahal sebenarnya akan sangat berguna sekali jika kita sering meminum air putih, dan yang banyak disarankan bahwa minum air putih 2 sd 3 liter/hari. Ada beberapa manfaat air putih bagi tubuh yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh yaitu:
1. Melindungi Jantung
Orang yang terbiasa minum air putih lebih dari lima gelas dalam sehari, kemungkinannya untuk meninggal akibat serangan jantung turun 41% dibandingkan mereka yang hanya minum kurang dari dua gelas air putih sehari. Selain itu, kebiasaan minim air putih dalam jumlah minimal lima gelas sehari juga akan mengurangi resiko kanker. Tubuh yang tak kekurangan cairan dapat mengurangi resiko kanker usus hingga 50%, dan kemungkinan juga mengurangi resiko kanker payudara.

2. Meningkatkan Ketajaman Otak
Menurut penelitian, tingkat dehidrasi sebesar satu persen saja dari berat badan sudah bisa mengurangi fungsi-fungsi berfikir. Otak memang banyak membutuhkan oksigen  agar dapat berfungsi pada tingkat optimal. Dengan minum banyak air putih, bisa memastikan bahwa otak telah terpenihi kebutuhannya. Malahan minum 8-10 cangkir air putih  setiap hari bisa memperbaiki tingkat performa kognitif sebanyak 30%. Karena otak kita sebagian besar terdiri atas air, tentu air putih sangat dibutuhkan oleh otak. Sel-sel otak bekerja secara optimal dengan mengeluarkan energi listrik dimana konduktor terbaik adalah air putih dengan susunan kimia H2O. Otak membutuhkan oksigen agar dapat bekerja optimal. Air putih juga dapat mencegah migrain atau sakit kepala sebelah. Meminum 7 gelas air putih selama sehari dapat meredakan sakit kepala. Dehidrasi bisa menyebabkan kelelahan dan kesulitan berkonsentrasi. Banyak orang yang meremehkan peranan air putih dan menggantinya dengan cairan lainnya. Padahal air putih ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Mengkonsumsi air putih secara tepat dapat menaikkan kualitas hidup kita. Jangan kekurangan, dan juga jangan berlebihan. Sebaiknya air putih cukup dikonsumsi sebanyak 2-3 liter per hari.
3.Membantu sistem pencernaan
Air dibutuhkan oleh tubuh agar sistem pencernaan bekerja secara normal dan tidak terlalu membebani kerja usus. Pencernaan tidak dapat dipisahkan dalam proses pencernaan, air putih membantu agar proses tersebut dapat berjalan dengan lancar. Air putih menyerap zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh dari makanan yang kita makan, dan membuang zat-zat yang tidak diperlukan melalui urine dan keringat. Air putih juga terbukti membantu menghindarkan kita dari sembelit, karena air putih membuat usus kita lebih aktif bergerak.


4. Menghindari batu ginjal
Organ ginjal membutuhkan banyak air untuk dapat menyaring racun dan mengeluarkannya, kekurangan air sedikit saja dapat memicu terbentuknya batu ginjal. Salah satu fungsi utama air putih adalah untuk menetralisir racun yang terdapat dalam tubuh kita. Racun tersebut mengalir dalam tubuh kita melalui darah dan dikeluarkan melalui urine. Jadi, bisa dibayangkan apabila kita kurang mengkonsumsi air putih. Kerja ginjal akan semakin berat. Air putih sebagai media penetralisir racun, membantu ginjal agar lebih ringan dalam memproses racun. Kekurangan air putih bisa menyebabkan munculnya batu ginjal atau pun gagal ginjal.
5.Menjaga suhu tubuh
Air putih berperan penting terhadap suhu tubuh seseorang, kekurangan cairan dapat membuat tubuh kehilangan kendali atas fungsi tubuh lainnya.
6. Awet muda
Meminum air putih dalam jumlah yang tepat dapat menghindari tubuh dari bahaya dehidrasi, dehidrasi dapat terjadi pula pada kulit. Jika kulit mengalami dehidrasi maka akan semakin cepat muncul garis-garis halus atau kerutan pada bagian tubuh tertentu.
7. Meningkatkan kekebalan tubuh
Air putih dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh seseorang, jika metabolisme dalam keadaan baik maka secara otomatis sistem imun juga akan berfungsi secara normal.
8. Mengatur suplai nutrisi
Nutrisi dan vitamin yang kita dapatkan dari makanan tertentu tidak akan bisa dialirkan ke bagian tubuh yang membutuhkan tanpa adanya cairan yang cukup.
9.Membantu proses regenerasi kulit
Proses regenerasi kulit membutuhkan cairan yang cukup agar semua nutrisi yang dibutuhkan dapat dialirkan ke bagian ini, selain itu proses pembuangan racun pada kulit juga akan lebih mudah dilakukan.
10. Menurunkan berat badan
Air bekerja sebagai pembersih lemak dan kotoran yang tertimbun dalam tubuh. Tentu saja manfaat ini baru dapat kita rasakan jika dikombinasikan dengan mengatur pola makan yang benar.


11. Menurunkan resiko kanker kandung kemih
Air berguna untuk melarutkan senyawa berbahaya yang berada pada organ usus dan kandung kemih yang berpotensi memicu tumbuhnya sel kanker.
12. Menjaga keseimbangan pH
Fungsi tubuh manusia terkait erat dengan keseimbangan pH 7, agar keseimbangan tersebut tidak terganggu maka minumlah air secukupnya.
13.Menghindari sembelit
Sembelit atau susah buang air besar bisa terjadi karena kurang serat atau minimnya asupan cairan, dengan meminum air putih dalam jumlah yang tepat diharapkan dapat menghindari masalah ini.
14. Mengeluarkan racun
Racun dari dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui keringat, urine dan feses. Semuanya tidak akan terjadi jika kita kekurangan cairan.
15.Mencegah Sakit Kepala
Siapa yang tahan jika migrain mulai menyerang? Namun sebelum mengkonsumsi obat-obatan pereda nyeri, coba atasi dengan minum air putih. Menurut para peneliti dari University of Masstricht, Belanda, minum air putih tujuh gelas dalam sehari bisa meredakan sakit kepala, dan meningkatkan kualitas hidup mereka yang selama ini menderita akibat migrain. Dalam uji coba, mereka yang minum 1,5 liter air sakit kepalanya berkurang 21 jam, demikian pula dengan intensitasnya rasa sakitnya.
16.Mencega Osteoporosis

Air putih juga dapat membantu mencegah osteoporosis datang lebih cepat sebab air putih membantu menyehatkan tulang dengan meregenerasi sel-sel tulang sehingga tulang kita tidak mudah keropos dan menjadi lebih kuat. Tulang yang sehat Air yang cukup bisa membantu untuk membuat sel-sel tulang yang baru. Sehingga kesehatan tulang kita tetap terjaga.


17. Air putih juga menjaga kesehatan kuku

Apabila kuku anda gampang patah dan terlihat kusam, bisa jadi salah satunya adalah karena kekurangan air putih. Timbulnya kutikula yang terletak dipinggiran kuku juga merupakan indikasi kekurangan air putih. Kukupun ternyata bisa mengalami dehidrasi.

18. Air putih dapat terhindar dari masalah obesitas

Bagi mereka yang ingin memiliki berat badan ideal, disarankan meminum air putih sebagai salah satu terapi diet karena salah satu sifat air putih ialah menahan nafsu makan yang belebihan dan membuat perut terasa kenyang yang membuat kita terhindar dari masalah obesitas.




19.Mempercepat Aliran Darah
Bila dikonsumsi dalam keadaan panas mampu membakar lemak di dalam tubuh dan sistemsyaraf. Dengan terurainya lemak tersebut maka akan mempercepat serta memperlancar sirkulasi darah dari jantung ke seluruh tubuh dan sekaligus membuang racun berbahaya di dalam tubuh


Sumber:
Sebagian idea...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar